Jumat, 26 Oktober 2012

Soal Transparansi MA, Jubir: Tiap Tahun Kami Diaudit BPK

Salmah Muslimah - detikNews

Jakarta - Juru bicara (jubir) Mahkamah Agung (MA) Djoko Sarwoko menyatakan tiap tahun lembaganya sudah diaudit oleh BPK. Hal ini mengomentari permintaan hakim agung Prof Gayus Lumbuun terkait transparansi keuangan dan tata kelola MA.

"Silakan kalau mau audit dari luar. Loh tiap tahun kan diaudit dari BPK. Bisa tersinggung nanti BPK hasil auditnya diragukan," kata Djoko Sarwoko saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (25/12/2012).

Gayus juga merasa perlakuan Sektretaris MA, Nurhadi terhadap hakim agung pilih kasih. Hakim agung seakan-akan menjadi warga kelas dua dibandingkan PNS MA.

"Menurut saya tidak ada kelas-kelasan di MA. Itu hanya lebih bersifat ketidakpuasan, curiga dia saja. Seharusnya semakin tua dia harus lebih arif," ungkap Djoko.

Seperti diketahui, hakim agung Gayus Lumbuun sebelumnya menyatakan keuangan MA perlu diaudit. "Perlu ada pengawasan eksternal terhadap kebijakan anggaran yang digunakan di MA. Kalau perlu diaudit," kata Gayus Lumbuun.

Atas konflik ini, Komisi Yudisial (KY) mendukung langkah Gayus sebab MA harus transparan dan terbuka. "Saya seribu persen sependapat dengan usulan hakim agung tersebut," kata komisioner KY Bidang Pengawasan Hakim, Suparman Marzuki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar