Rabu, 31 Oktober 2012

Keraton Surakarta: Nurhadi Keturunan Susuhunan Paku Buwono V

Muchus Budi R. - detikNews

Solo - Pihak Keraton Surakarta mengakui bahwa Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, memang kerabat Keraton Surakarta. Selain telah mendapat gelar kehormatan sebagai kerabat dekat, Nurhadi juga diakui sering memberikan bantuan dana, pikiran, maupun sering datang ke acara-acara di Keraton Surakarta.

Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi, Rabu (31/10/2012) siang, mengatakan pemberian gelar sebagai Kanjeng Raden Haryo (KRH) kepada Nurhadi diberikan pada peringatan penobatan Paku Buwono XIII pada tahun 2011 lalu. Pemberian gelar itu disebut sebagai hak dari Nurhadi.

"Beliau memang keturunan Susuhunan Paku Buwono V, jadi memang masih kerabat dekat Keraton Surakarta. Gelar sebelumnya adalah RM (Raden Mas), itu sesuai gelar darah. Karena perhatian dan komitmen dia maka kami berinisiatif memberi gelar kepada beliau KRH (Kanjeng Raden Haryo) pada tahun 2011 lalu. Itu memang hak beliau sebagai kerabat," ujarnya.

Sebagai kerabat dekat, keluarga besar Nurhadi memang sejak dulu menjalin hubungan baik dengan kerabat keraton yang lain. Bahkan kakak kandung Nurhadi yang pernah menjadi pejabat penting di Kemendragri, selalu dalam bimbingan pengasuhan (alm) Letjend GPH Djatikusumo, putra Paku Buwono X, penasihat Presiden Soeharto.

Lebih lanjut Eddy memaparkan sejauh ini Nurhadi memiliki kepedulian terhadap keberlangsungan kehidupan Keraton Surakarta, termasuk selalu aktif membantu serta hadir di acara-acara tradisi yang digelar pihak keraton.

"Pak Nurhadi ini memang sering hadir di acara-acara tradisi yang digelar Keraton Surakarta, termasuk sering memberikan bantuan dana. Saya kira itu wajar saja karena memang beliau kerabat keraton yang memang memiliki kepedulian terjadap kehidupan tradisi di keraton," lanjut adik ipar Paku Buwono XIII tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar