Selasa, 02 Juli 2013

Kesaksian Pegawai LP Cebongan Menjelang 'Eksekusi' Brutal 4 Tahanan

Edzan Raharjo - detikNews


Bantul - Pegawai LP Cebongan Hendrawan Tri Widiyanto bersaksi di sidang dengan terdakwa prajurit Kopassus. Ia menceritakan semuanya, dari masuknya kelompok berpenutup kepala hingga tembakan beruntun.

Hendrawan bersaksi untuk terdakwa Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Kopral Satu Kodik. Dia mengaku tidak mengenal prajurit Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan tersebut.

Saat kejadian, Sabtu (23/3/2013), Hendrawan sedang menonton siaran sepak bola di TV. Pelaku masuk sebentar lalu keluar lagi mencari kunci blok. Kepala keamanan LP yang tinggal tak jauh dari LP, Margo Utomo, didatangkan.

Pelaku membuka penutup kepala sedahi dan berbicara dengan Margo. Tak lama kemudian, beberapa pelaku merebut HP Pak Margo. Mereka menyuruh kepada petugas LP untuk tiarap.

"Ada yang mengomando, tiarap, tiarap, tiarap. Saya langsung tiarap," katanya di Pengadilan Militer Yogyakarta, Selasa (2/7/2013).

Selama kurang lebih 15 menit, pegawai LP, termasuk Hendrawan tiarap. Hendrawan takut mendongak karena dijaga dan tidak melihat apa-apa. Dor-dor-dor! Terdengar suara tembakan beruntun. "Tidak tahu berapa kali," ungkapnya.

Setelah para pelaku pergi, Hendrawan bangun dan menuju ke arah sumber tembakan, yakni di blok A5. Ditemukan 4 tahanan sudah tewas karena luka tembakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar