Kamis, 04 Juli 2013

Ini Kesaksian Tahanan yang Melihat Langsung Eksekusi Dicky Cs

Edzan Raharjo - detikNews

Bantul - 5 Tahanan bersaksi di sidang kasus penyerangan LP Cebongan. Saat ditanya soal proses 'eksekusi, keterangan mereka hampir sama.

Tahanan yang jadi saksi adalah Suratno, Hendiyana, Setiawan, Arif Nugroho, dan Tego Waseso. Mereka bersaksi untuk terdakwa prajurit Kopassus yaitu Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Kopral Satu Kodik.

Saksi mengatakan, saat kejadian, sebagian di antaranya tengah tertidur. Hanya 1-2 orang yang mendengar ribut-ribut di luar.

Ada 3 orang berpenutup kepala masuk ke blok A5. Mereka meminta para tahanan berkumpul di sel yang berukuran sekitar 4x6 meter. "Mana Dikcy, mana Dicky?" teriak pelaku sebagaimana disampaikan Suratno di Pengadilan Militer Yogyakarta, Jl Perempatan Ringroad Banguntapan, Bantul, Kamis (4/7/2013).

Tak ada tahanan yang menjawab. Satu pelaku yang menenteng senjata laras panjang masuk ke sel. Dua pelaku lainnya menunggu di luar sel.

Pelaku yang masuk ke sel melihat 3 orang yang bersembunyi dalam posisi jongkok di sudut sel. Ia menghampiri dan langsung memuntahkan timah panas dari senjatanya. "Saya dengar 2-3 kali tembakan untuk seorang," kata Suratno.

Usai menembak 3 orang, pelaku keluar sel. Kemudian ia masuk lagi dan menembakkan senjatanya di dekat kamar mandi. Kemudian mereka pergi.

Sebelum bersaksi, tahanan yang datang dengan mengenakan batik ini diminta hakim untuk memandang terdakwa. Tak satu pun yang mengenal. Saat ini, sidang masih berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar