Bogor (ANTARA News) - Dua pos komando (Posko), masing-masing satu di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi disiapkan untuk menjadi tempat koordinasi pencarian pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang dilaporkan hilang kontak saat demo penerbangan di atas Gunung Salak.

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor Abidin, usai mengikuti rapat koordinasi di Markas Polres Bogor di Cibinong, Rabu malam, membenarkan penyiapan dua Posko dimaksud.

Ia menjelaskan, dalam rapat koordinasi yang dipimpin Kapolres Bogor AKBP Harry Santoso itu, untuk Posko di Kecamatan Cibungbulang diputuskan akan dipimpin Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol (Inf) Novi Rubadi Sugito.

"Sedangkan yang di kawasan Kabupaten Sukabumi, Posko ditempatkan di kawasan Cidahu," katanya.

Kawasan Gunung Salak sendiri, wilayahnya berada di antara Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat.

Sementara itu, petugas piket di Kantor Kecamatan Cibungbulang Iwan, saat dihubungi menjelaskan bahwa informasi mengenai Posko yang akan ditempatkan di Cibungbulang belum diketahuinya.

"Kami belum tahu (mengenai Posko di Cibungbulang), yang lebih dekat dengan perbatasan Sukabumi adalah Kecamatan Pamijahan," katanya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla, Rabu malam menginstruksikan langsung operasi pencarian pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang dilaporkan hilang kontak itu.

"Kami diperintahkan untuk siaga penuh dan baru saja mendapat perintah langsung Pak JK (Jusuf Kalla)," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor Abidin kepada ANTARA.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan mobil ambulans, dari semua dua menjadi tujuh.

"Sedangkan empat helikopter PMI telah stand by di kawasan Sentul," katanya.